Frequently Asked Questions (FAQs)

Bisa, saat ini Prodi S2 IKM FK-KMK UGM dapat menerima lulusan dari D4 dengan ketentuan tambahan matrikulasi.

Saat ini Minat PPK, Minat Kesehatan Lingkungan serta Minat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tidak membuka program S2 non-reguler.

UGM memperbolehkan Program Studi/Fakultas/Sekolah Pascasarjana untuk menentukan standar IPK, tes potensi akademik dan kemampuan Bahasa Inggris yang lebih tinggi daripada yang dipersyaratkan Universitas. Bila nilai TOEFL atau TPA Anda lolos standar UM UGM namun belum lolos standar Prodi S2, maka masih ada kesempatan bagi Anda untuk tetap menempuh pendidikan S2. Namun, Anda perlu mengulang tes hingga memenuhi standar Prodi S2 selambat-lambatnya sebelum Anda mengajukan seminar proposal tesis.

Iya. Anda dapat membuat draft proposal tesis sederhana yang menggambarkan topik penelitian yang akan Anda angkat serta gambaran pelaksanaan penelitian tersebut. Tidak ada format khusus untuk penulisan draft proposal. Anda dapat mengumpulkan draft proposal ke Prodi S2 IKM FK-KMK UGM di Gedung IKM lt. 2 (atas kantin), FK-KMK UGM, Jl. Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta pada jadwal yang telah ditentukan.

Tes substansi adalah proses seleksi tambahan yang dilakukan oleh Program Studi di luar proses seleksi dokumen oleh Universitas. Minat PPK, minat Kesling dan minat K3 mewajibkan calon pelamarnya untuk mengikuti seleksi lanjutan berupa wawancara. Jadwal wawancara dan tempat wawancara akan dikomunikasikan oleh Prodi S2 IKM FK-KMK UGM setelah pendaftaran online dan unggah dokumen ditutup.